PROFIL MI DARUSSA'ADAH KARANGTUMPUK

·       SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH

Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah berdiri pada tahun 1986. Awal mula berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah ditandai dengan adanya keresahan dari tokoh masyarakat. Para tokoh masyarakat merasa bahwa diperlukan adanya madrasah di karangtumpuk. Para tokoh masyarakat mengadakan pertemuan sehingga memperoleh kesepakatan untuk membentengi akidah masyarakat karangtumpuk melalui jalur pendidikan. Dimana madrasah tersebut yang akan digunakan untuk belajar dan menimba ilmu bagi anak-anak yang ada di desa karangtumpuk. Para tokoh masyarakat yang menginisiasi berdirinya MI Darussa’adah, diantaranya :

1.      H. Anwar

2.      H. Ahmad

3.      H. Basyaruddin

4.      H. Khudlori

5.      Kastawi

6.      Marzuqi

7.      H. Said

8.      H. Sudarman

9.      Sutomo

10.  Syafi’in Wafa  


        Proses pembelajaran siswa selama kurun waktu tersebut tidaklah mudah, pasang surut siswa yang belajar di madrasah setiap tahunnya tidaklah menentu. Hal tersebut yang menjadi tantangan bagi MI Darussa’adah untuk terus memberikan nilai tawar kepada masyarakat agar siswa yang belajar di madrasah memiliki keunggulan tersendiri.


LETAK GEOGRAFIS MADRASAH 

Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah berada di kabupaten Gresik. MI Darussa’adah merupakan lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Agama yang terletak di desa Karangtumpuk. Adapun letak geografis yang sangat cocok untuk proses belajar mengajar, dimana madrasah terletak di tengah permukiman penduduk. Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah dibangun dengan pertimbangan tata letak bangunan yang memberikan kenyamanan untuk belajar. Hal ini dapat dilihat dari tata letak ruang belajar yang jauh dari jalan raya sehingga kebisingan dari kendaraan bermotor dan kendaraan umum dapat diminimalisir dan siswa dapat belajar dengan nyaman. Secara geografis letak Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah dapat digambarkan sebagai berikut :

1.      Sebelah utara berbatasan dengan Masjid At-Taqwa Karangtmpuk. 

2.      Sebelah selatan berbatasan dengan tambak milik warga.

3.      Sebelah timur berbatasan dengan permukiman warga.

4.    Sebelah barat berbatasan dengan TKMNU Darussa’adah Karangtumpuk.


Komentar